Di antara Buah Istighfar

Kita adalah makhluk lemah yang tidak mungkin lepas dari dosa. Namun sayang banyak di antara manusia di zaman sekarang yang lalai dan berlarut dengan dosa.

Padahal, dengan banyak memohon ampunan Allah ta’ala melalaui istighfar, insyaAllah akan sangat banyak faedah yang didapatkan, di antaranya:

Pertama, istighfar akan melapangkan dada dan menenangkan jiwa. Allah ta’ala berfirman,

اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعاً حَسَناً

Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, kemudian bertaubalah padanya, nscaya Dia akan memberikan kenikmatan yang baik padamu (Q.S.Hud:3)

Dan di antara nikmat terbaik tersebut, bahkan oleh para ulama disebut sebagai surga dunia adalah ketenangan jiwa, wallahu ta’ala a’lam.

Kedua, istighfar akan menguatkan dan menyehatkan badan dan mengobati berbagai penyakit. Hal ini sebagaimana digambarkan oleh Allah ta’ala ketika nabi Hud ‘alaihissalam menyeru kaumnya,

اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَاراً وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ

Mohon ampunlah kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah padanya, niscaya ia akan mengirim dari langit untukmu hujan yang lebat dan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu (Q.S.Hud: 52)

Ketiga, Allah akan menjaga ahli istighfar dengan keselamatan, rasa aman dan bahaya fitnah. Hal ini sebagaimana firman Allah ta’ala,

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Maka tidaklah Allah akan mengadzab mereka sementara engkau bersama mereka, dan tidak pula Allah akan mengazab mereka sementara mereka masih beristigfar (Q.S. Al Anfal: 33)

Keempat, ahli istighfar akan dikaruniakan anak-anak yang sholeh, harta yang halal dan rizki yang luas. Hal ini sebagaimana firman Allah ta’ala,

اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً * يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَاراً * وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَاراً

Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesuangguhnya Ia maha pengampun, dan niscaya akan mengirimkan dari langit untukmu hujan yang lebat, dan menambahkan harta dan anak-anak, dan menjadikan untukmu kebun-kebun, dan menjadikan untukmu sungai-sungai (Q.S.Nuh: 10-12)

Bahkan bagi mereka yang belum punya anakpun, insyaAllah Allah pun akan memudahkan urusannya dengan memperbanyak istighfar.

Kelima, Allah insyaAllah akan mengampunkan dosa-dosa ahli istighfar, menambah kebaikan mereka, dan mengangkat derajatnya.

وَقُولُوا حِطَّةٌ نَغْفِرْ لَكُمْ خَطَايَاكُمْ وَسَنَزِيدُ الْمُحْسِنِينَ

Dan katakanlah bebaskan kami dari dosa-dosa kami, maka Kami pun akan mengampunkan kesalahan-kesalahanmu, dan menambah untukmu kebaikan (Q.S. Al Baqarah: 58)

Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

يا أيها الناس استغفروا الله وتوبوا إليه فإني استغفر الله وأتوب إليه في اليوم مائة مرة

Wahai manusia, mohon ampunlah kepada Allah dan bertaubatlah padanya. Sungguh aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam satu hari seratus kali (HR. Muslim)

Masih banyak sebenarnya buah istighfar lainnya bagi mereka yang senantiasa membasahi lisannya dengan istighfar. Semoga kita semua termasuk di antara mereka yang senantiasa memohon ampunan Allah ta’ala. Aamin.

 

Malang, 3 Oktober 2016

Akhukum Fillah, Gonda Yumitro

 

Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Pernah belajar di Hubungan Internasional UGM dan Political Science, Jamia Millia Islamia dan International Relations, Annamalai University, India. Belajar agama dari beberapa ustadz ketika sedang studi di Yogyakarta, Malang dan India. Sekarang berprofesi sebagai dosen di prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang

Leave a Response