Diantara Sifat Ahli Ilmu

lautan ilmuAlhamdulillahi rabbil ‘alamin, wassalatu wassalamu ‘ala nabiyina Muhammad wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in.

Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ketika suatu hari beliau ditanya, wahai syaikh, pada saat ini banyak diantara mereka yang menuntut ilmu mengetahui fada’il amal dan pahalanya, mereka tahu faidah sholat malam, tetapi tidak mengerjakannya, intinya mereka tahu tetapi tidak mengamalkan?

Maka Syaikh bin Baz menjawab, perbuat yang datang secara khusus penjelasan tentang keutamaannya ada dua macam, yaitu amalan wajib, maka sama atas orang muslim baik berilmu atau tidak (ulama atau bukan) untuk melaksanakannya dan bertakwa pada Allah, dan senantiasa menjaga amalan tersebut seperti sholat lima waktu, membayar zakat, dan sejenisnya yang hukumnya wajib.

Dan ada pula amalan yang sunnah (dicintai Allah) seperti sholat malam, sholat dhuha, dan sejenisnya, maka lebih utama untuk bersungguh-sungguh melaksanakananya terutama mereka yang berilmu karena merupakan panutan.

Meskipun ketika tidak dilaksakan maka tidaklah mengapa karena merupakan amalan sunnah. Tetapi diantara sifat ahlul ilmu dan mereka yang mencari inayah maka mereka akan menjaga amalan tadi dan dan bersungguh-sungguh agar bisa sholat di malam hari, sholat dhuha, sholat rawatib, dan melaksanakan amalan sunnah lainnya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang berilmu menjaga amalan-amalan sunnah.

Delhi, 4 April 2011

Leave a Response