Keutamaan Menjaga Sholat Subuh

Waktu subuh mempunyai begitu banyak keutamaan. Sayang masih banyak di antara kaum muslimin yang belum menjaga sholat subuhnya berjama’ah di masjid, utamanya bagi kaum laki-laki.

Padahal, jika mereka mengetahui berbagai keutamaan tersebut, niscaya dengan berbagai cara bahkan dengan merangkak sekali pun mereka akan mendatanginya.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, insyaAllah akan kami sampaikan beberapa dari sekian banyak keutamaan tersebut.

Pertama, shalat subuh disaksikan oleh para malaikat

أقم الصلاة لدلوك الشمس إلى غسق الليل وقرآن الفجر إن قرآن الفجر كان مشهوداً

Dirikanlah sholat setelah tergelincir matahari sampai gelap malam, dan dirikanlah sholat fajar. Sesungguhnya sholat fajar disaksikan oleh para malaikat (Q.S. Al Isra’:78)

Ayat ini diperjelas oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

Para malaikat malam dan malaikan siang berkumpul pada waktu subuh (HR. Bukhari)

Hal ini menujukkan keutamaan yang luar biasa dimana para malaikat tadi pun akan mendoakan mereka yang menjaga sholat subuhnya di masjid.

Kedua, mereka yang menjaga sholat subuh berjama’ah seperti melaksanakan sholat semalam suntuk

من صلى العشاء في جماعة فكأنما قام نصف الليل ومن صلى الصبح في جماعة فكأنما قام الليل كله

Barang siapa yang melaksanakan sholat isya berjama’ah maka seakan-akan ia telah sholat setengah malam, dan barang siapa yang sholat subuh berjama’ah maka seakan-akan ia telah sholat sepanjang malam (HR.Muslim)

Ketiga, ahli sholat subuh berjamaah di masjid akan mendapat jaminan pengawasan dari Allah

من صلى الصبح فهو في ذمة الله

Barang siapa yang sholat subuh maka ia berada dalam pengawasan Allah (HR.Muslim)

Ini bukan pengawasan biasa seperti halnya pengawasan manusia, melainkan pengawasan dari Rabb semesta alam. Para ulama menyebutkan bahwa maksudkan Allah ta’ala akan menjaga diri, anak-anak, agama, dan semua urusan mereka yang senantiasa menjaga sholat subuh berjama’ah di masjid.

MasyaAllah, demikian besar janji dan bertolongan Allah bagi orang-orang yang rela meninggalkan tempat tidur mereka yang empuk untuk melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim.

Apalagi ia pun juga berusaha untuk senantiasa mengikuti Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dari Ibnu Abbas, dikisahkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika keluar dari rumah menuju masjid maka beliau berdoa kepada Allah ta’ala,

اللهم اجعل في قلبي نورًا, وفي لساني نورًا, واجعل في سمعي نورًا, واجعل في بصري نورًا, واجعل من خلفي نورًا, ومن أمامي نورًا, واجعل من فوقي نورًا

Wahai Rabb, jadikanlah pada hatiku cahaya, pada lisanku cahaya, jadikanlah pada pendengaranku cahaya, jadikanlah pada penglihatanku cahaya, di belakangku cahaya, di depanku cahaya, dan di atasku cahaya (HR. Bukhari)

Maka bisa dibayangkan bagaimana besarnya perlindungan Allah ta’ala ketika orang ini telah diberikan cahaya pada semua sisi dan anggota tubuhnya. Dengan demikian, setiap apa yang ia lakukan, insyaAllah akan senantiasa dalam bimbingan Allah ta’ala.

Keempat, sholat subuh akan menjadi cahaya bagi ahlinya pada hari kiamat.

بشر المشائين في الظلم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة

Berikan kabar gembira bagi mereka yang dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat (HR. Tirmidzi)

Banyak dan besarnya cahaya ini akan sangat tergantung dengan tingkat ketaatan mereka tadi. Ada di antara mereka yang diberikan cahaya semisal gunung di antara kedua tangannya. Ada yang diberikan cahaya lebih besar atau lebih kecil daripada itu.

Inilah makanya ayat Allah ta’ala,

يوم ترى المؤمنين والمؤمنات نورهم يسعى بين أيديهم وبإيمانهم

Pada hari ketika orang-orang mukmin dan mukminat menyaksikan cahaya mereka di antara tangan dan sebelah kanan mereka (Q.S. Hadid:12)

Kelima, mereka yang senantiasa menjaga sholat subuh berjama’ah di masjid akan dijamin oleh Allah ta’ala dengan surga. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

من صلى البردين دخل الجنة

Barang siapa yang sholat di antara dua waktu dingin dimasukkan ke dalam surge (HR. Bukhari)

Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لن يلج النار أحد صلى قبل طلوع الشمس وقبل غروبها

Tidak akan disentuh neraka seseorang yang sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelam (HR. Muslim)

Keenam, mendapatkan kebaikan melebihi dunia dan seisinya. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها

Dua rakaat Sunnah fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya (HR. Muslim)

Para ulama mengatakan, jika Sunnah fajar saja sudah mempunyai kebaikan yang sedemikian besar, maka bagaimana dengan mereka yang menjaga sholat wajib subuh.

Ketujuh, insyaAllah terhindar dari sifat kemunafikan. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

ليس صلاة أثقل على المنافقين من صلاة العشاء والفجر ولو يعلمون ما فيهما لأتوهما ولو حبواً

Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafik kecuali sholat isya dan sholat subuh, jika mereka mengetahui apa yang ada padanya, maka niscaya ia akan mendatanginya meskipun dengan merangkak (HR. Bukhari)

Masih banyak sebenarnya keutamaan lainnya yang bisa didapatkan oleh mereka yang senantiasa menjaga sholat subuh di masjid. Sementara kami cukupkan sampai di sini.

Semoga kita semua diberikan kekuatan dan keistiqomahan oleh Allah ta’ala untuk menjaga sholat subuh dan sholat-sholat lainnya. Aamin.

 

Malang, 4 Oktober 2016

Akhukum Fillah, Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Pernah belajar di Hubungan Internasional UGM dan Political Science, Jamia Millia Islamia dan International Relations, Annamalai University, India. Belajar agama dari beberapa ustadz ketika sedang studi di Yogyakarta, Malang dan India. Sekarang berprofesi sebagai dosen di prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang

Leave a Response