Kisah di Jaipur

Alhamdulillah..sehari semalam sudah berkeliling di kota jaipur, kini saatnya menuju Taj Mahal, Agra.

Banyak pengalaman yang didapatkan di sini. Jalan2 yang penuh dengan truck2 dan tronton membawa barang selama 4 jam perjalanan dari Delhi menunjukkan ekonomi Indian sedang berkembang pesat.

Demikian juga ketika Jaipur, kami menemukan banyak sekali peninggalan peradabab India, terutama Mughal Kingdom yang membentang luas di India bagian utara dan Pakistan.

Ketika waktu belanja di dekat Jal Mahal, masyaAllah hampir semua pemilik toko yang kami temui adalah muslim. Ketika bertemu dengan kami mereka pun langsung mengucapkan salam, bahkan beberapa mengajak bicara dengan bahasa arab.

Kami pun cepat merasa dekat dan mereka pun langsung memberikan harga khusus. Hotel yang seharusnya 2000 rupees per kamar didiskon menjadi 1600 rupees saja.

Demikian juga ketika belanja di beberapa toko, semua memberi diskon bahkan tidak sedikit yg lebih dari 50 %. Harga yg cukup menarik, alhamdulillah.

Kini tiba waktunya menuju Agra untuk kembali mencari pengalaman baru. Mudah2an menjadi perjalanan yg barokah dan lancar. Aamiin.

Jaipur, 22 Januari 2017
Akhukum fillah, Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Pernah belajar di Hubungan Internasional UGM dan Political Science, Jamia Millia Islamia dan International Relations, Annamalai University, India. Belajar agama dari beberapa ustadz ketika sedang studi di Yogyakarta, Malang dan India. Sekarang berprofesi sebagai dosen di prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang

Leave a Response