Menebar Semangat Kebaikan

Islam adalah agama yang mengajarkan umatnya agar selalu menebarkan kebaikan dimana pun mereka berada.

Saking agama ini menghargai kebaikan, baru niat saja sudah Allah ta’ala catat sebagai kebaikan. Hal ini tidak lain karena niat yang kuat akan memudahkan seseorang untuk meraih apa yang ia niatkan.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

من همَّ بحسنة، فلم يعملها، كتبها الله عنده حسنة كاملة

Siapa yang bercita-cita melakukan kebaikan dan ia belum melakukannya, maka Allah mencatat baginya kebaikan yang sempurna (HR Bukhari)

Demikian juga dalam hadits yang lain, beliau shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

من سأل الله الشهادة بصدقٍ، بلَّغه الله منازل الشهداء، وإن مات على فراشه

Siapa yang memohon kepada Allah menjadi syuhada dengan jujur, maka Allah akan menyampaikan ia pada kedudukan syuhada’, meskipun ia meninggal di atas pembaringannya (HR. Muslim)

Semoga dimana pun kita berada, Allah ta’ala selalu membimbing dan memudahkan kita agar senantiasa menebar kebaikan. Aamiin.

Malang, 20 Januari 2020
Akhukum Fillah, Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Meraih Sarjana dari Ilmu Hubungan Internasional UGM dan M.A Political Science, Jamia Millia Islamia dan M.A International Relations, Annamalai University, India. Sedang menempuh PhD Political Science di Internasional Islamic University of Malaysia. Belajar agama dari beberapa ustadz ketika sedang studi di Yogyakarta, Malang dan India. Sejak tahun 2007 berprofesi sebagai dosen di prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang.

Leave a Response