Perjuangan Melalui Tulisan

Perjuangan adalah keharusan. Tidak berarti hidup yang hanya dihabiskan untuk kesenangan pribadi. Pengorbanan merupakan kemutlakan. Dengan perjuangan kehidupan menjadi lebih bermakna.

Banyak cara untuk berjuang. Perjuangan dimaksudkan kepada kebaikan diri dan banyak orang. Tidak egois dan tidak menghancurkan.

Pilihan yang tepat sesuai dengan keadaan masing – masing orang. Keikhlasan niat sebagi gerak awal. Kemudian terserah kepada pilihan. Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menulis.

Menulis mempunyai banyak kemanfaatan. Tulisan yang dibuat dapat dibaca oleh lebih banyak orang daripada sekedar bahasa lisan. Dan pemahaman dapat lebih baik karena bisa diulang.

Kajian atas berbagai bentuk tulisan telah dibuktikan oleh sejarah mampu mempengaruhi bahkan menentukan perubahan zaman.

Adalah mustahil pemikiran para ulama terdahulu dapat dikaji sampai sekarang tanpa melalui tulisan. Tulisan telah membuat mereka seakan hidup selamanya. Pikiran – pikiran bermutu tetap dijadikan sebagai rujukan.

Selain menjadi ajaran tentang kemanfaatan menulis, keadaan ini juga menjadi tantangan pentingnya pemikiran yang matang untuk sebuah tulisan.

Tidak layak tulisan yang hanya berisi praduga dan penulis sendiri masih meragukan kebenarannya. Kalaupun hal itu diperlukan, maka kejujuran bahwa kajian belum sampai ke titik final menjadi penting.

Sangat menyesal dan disayangkan ketika seorang penulis terbukti kosong. Apa yang ditulis hanyalah memindahkan ide orang lain. Atau kumpulan pemikiran kesesatan.

Potensi pikir dan hati seorang penulis harus hidup. Penerimaan dan pemahaman orang lain akan lebih mudah. Berbeda dengan tulisan yang hanya sekedar kumpulan data.

Memang ada banyak bentuk tulisan. Hanya saja dalam pemaknaan perjuangan kebenaran yang mudah dipahami adalah kunci kesuksesan.

Telah banyak orang membawa ide besar dengan bahasa yang sulit hanya berakhir penolakan. Keterampilan merangkai kata penting. Tentunya dengan pemahaman yang baik terhadap kehidupan.

Bahasa kelompok sasaran tulisan tidak boleh diabaikan. Aktor – aktor berpengaruh dalam perubahan juga perlu dikondisikan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tulisan yang dirangkai dengan kesungguhan, sepenuh pemikiran dan menyertakan hati akan mempengaruhi karakater diri. Seorang penulis dapat menjadi lebih cepat dewasa. Analisis terhadap persoalan yang muncul pun lebih sistematis.

Semakin mendalam seseorang menekuni dunia tulis menulis akan semakin berkualitas pula tulisan dan karakater dirinya. Perjuangan pun akan lebih mudah karena para pejuang yang berpengaruh besar hanyalah mereka yang mempunyai kualitas diri yang baik. Meski menulis itu sendiri adalah perjuangan.

Seseorang yang kuat keinginan dirinya untuk berjuangan, tidak ada kerugian dengan menulis. Keberhasilan perjuangan adalah masalah waktu.

Tetapi bagaimana pun gerak masyarakat pasti berawal dari pikiran. Dan pikiran sangat besar dipengaruhi oleh tulisan. Keberhasilan yang belum terlihat bukan persoalan.

Keuntungan tulisan memberikan waktu pengendapan berpikir. Penerimaan terhadap kebenaran tidak dapat diragukan. Tulisan yang benar tidak pernah akan hilang dan selalu diperlukan.

Terlalu banyak penulis yang tidak dipedulikan pada masa hidupnya tetapi menjadi sangat penting setelah berabad kemudian. Adakah kita komit untuk berjuang???

Bandung, 29 Juni 2005

Leave a Response