Wanita Kufur Nikmat

Pada saat mi’raj, salah satu hal yang diberitakan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wassallam berupa kabar bahwa di antara yang paling banyak masuk ke dalam neraka adalah kaum wanita.

Dari Imran bin Husain diriwayatkan bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

اطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاء

Aku datang ke sorga dan melihat bahwa kebanyakan ahlinya dari kaum fuqara’, dan aku datang ke sorga dan aku melihat kebanyakan di antara penghuninya adalah dari kaum wanita (HR Bukhari Muslim)

Di antara hal yang menyebabkan mereka masuk ke neraka adalah karena ketika seorang wanita menemukan hal yang tidak disukai dari suaminya, meskipun selama ini sudah begitu banyak jasa dan perhatian yang diberitakan oleh sang suami, maka dengan mudah ia mengatakan, مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ (Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sedikit pun).

Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam,

لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ كُلَّهُ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ

Jika engkau berbuat baik kepala salah seorang dari mereka (istrimu) sepanjang hari, kemudian ia melihat sesuatu yang jelek, maka ia berkata, aku tidak melihat darimu suatu kebaikan pun (HR. Bukhari)

Demikianlah keadaan wanita yang banyak jatuh pada dosa kufur nikmat. Mereka dalam hadits yang lain digambarkan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam sebagai hamba yang kurang dalam akal dan agamanya.

Yang mana dengan keadaan ini persaksian mereka pun sama dengan setengah persaksian laki-laki. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

شَهَادَةُ الْمَرْأَةِ مِثْلَ نِصْفِ شَهَادَةِ الرَّجُلِ

Persaksian laki-laki semisal setengah persaksian laki-laki (HR Bukhari)

Oleh karena itu, kita berdoa semoga semua saudari kita muslimah diberikan kekuatan untuk menjadi wanita-wanita sholehah dan mensyukuri semua nikmat sebagaimana para sahabiyat di zaman Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam.

Apapun yang menjadi perintah Allah dan Rasulullah maka mereka langsung melaksanakannya. Demikian juga dengan semua yang dilarang oleh Allah ta’ala dan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam, maka mereka menjauhkan diri darinya. Aamin.

 

Malang, 26 Maret 2015

Akhukum Fillah, Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Gonda Yumitro

Meraih Sarjana dari Ilmu Hubungan Internasional UGM dan M.A Political Science, Jamia Millia Islamia dan M.A International Relations, Annamalai University, India. Sedang menempuh PhD Political Science di Internasional Islamic University of Malaysia. Belajar agama dari beberapa ustadz ketika sedang studi di Yogyakarta, Malang dan India. Sekarang berprofesi sebagai dosen di prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang

Leave a Response